Welcome to Daya Pertiwi Foundation, we are developing of the people's economy and the prevention of climate change.
Pengembangan Usaha Kecil & Menengah

DAYA PERTIWI memberikan perhatian besar untuk mengembangkan, menyediakan layanan dan memberdayakan usaha mikro, kecil dan sektor usaha skala menengah di Indonesia. Dalam hal ini, DAYA PERTIWI membuat program-program bisnis yang disesuaikan di daerah² yang dianggap penting dalam beberapa tahap. Program Pengembangan UKM (PPUKM) ini dilakukan dalam 3 tahap, yakni,

  • Peluncuran atau Launch.
    Pada tahap ini dilakukan: survei, promosi, lokakarya pengenalan program, seleksi dan rekrutmen calon peserta.
  • Tahap Pelatihan
    dimana pada tahap ini digali ditumbuhkan dan dikembangkan visi dan keterampilan dalam pengelolaan bisnis serta perencanaan bisnis.
  • Tahap Tindak Lanjut
    pada tahap ini dilakukan pemantauan, konsultasi dan memfasilitasi kebutuhan² tindak-lanjut.

DAYA PERTIWI memiliki tim ahli dalam bisnis, yang berpengalaman dalam memberikan pelatihan dan konsultas, serta menguasai dalam model² program pengembangan kewirausahaan dan yang memiliki pengalaman luas dalam mengelola aplikasi SMED. Kegiatan ini dibiayai oleh pendanaan swadaya maupun bersama Uni Eropa dan NGO serta lembaga² kerjasama internasional lain.

Prinsip / filosofi dalam Pengembangan UKM

Para pelaku bisnis adalah agen membutuhkan kemampuan untuk memobilisasi modal, memanfaatkan sumber daya alam, menciptakan pasar dan mempertahankan bisnis mereka. Dia  mampu mengkombinasikan kekuatan,  kemampuan, kapasitas untuk mengelola sumber daya untuk memanfaatkan kesempatan² menjadi kegiatan yang menguntungkan. Meskipun dikatakan bahwa pengusaha tidak diciptakan, juga disepakati bahwa pengusaha tidak dilahirkan sebagai seorang pengusaha. Fakta-fakta ini mengarahkan kita pada kenyataan bahwa para pengusaha yang mempunyai potensi dapat mempelajari bisnis, berorientasi, meningkatkan motivasi dan dirangsang untuk memulai bisnis. Demikian pula, orang-orang dengan potensi tertentu (akan menjadi pengusaha / wanita) harus diidentifikasi dan dikembangkan melalui pelatihan. Apalagi saat ini Indonesia sedang berupaya untuk mengatasi kondisi krisis pada saat ini, maka usaha² skala kecil sangat membutuhkan kemampuan bertahan atau bahkan dikembangkan. Dalam pandangan tersebut di atas, DAYA PERTIWI menganggap penting untuk merancang program pelatihan terpadu dan pelayanan pasca pelatihan untuk melayani tujuan-tujuan tersebut sebagai upaya seprofesional mungkin.

Tujuan Pengembangan UKM

Program Pengembangan UKM melayani pengembangkan keterampilan kewirausahaan dan kemampuan untuk menjalankan usaha kecil dan menengah. Program ini melatih para peserta untuk:

  • Menerapkan ketrampilan² kewirausahaan mereka
  • Mengidentifikasi dan memilih proyek² bisnis yang layak atau memperluas usaha yang ada, dan
  • Secara hati² mempersiapkan proposal perencanaan bisnis untuk di presentasikan ke lembaga² keuangan

Rencana dan Tujuan Program

Target Peserta Program Pengembangan UKM (PPUKM) dan Wilayah Kerja

  • Para pengusaha mikro, kecil dan menengah
  • Para pengangguran yang memiliki keterampilan tertentu
  • Pria dan atau wanita
  • Menikah atau single
  • Umur di atas usia 21 tahun

Proyek ini telah dilaksanakan di Jawa Timur, Bali, pulau Nusa Penida dan NTT. Nampak bahwa pelaksanaan pelatihan PPUKM menjadi lebih efektif sebagaimana terbukti pada tahun² terakhir dimana telah  meningkat jumlah para peminat dan peserta yang datang dari luar daerah proyek (Papua Barat) dalam rangka untuk mendaftar untuk pelatihan PPUKM. Berarti pula bahwa PPUKM tidak hanya dilxaksanakan di Jawa Timur & Bali seperti yang direncanakan semula tetapi telah meluas ke Indonesia bagian timur.

Program Pengembangan UKM berjalan sangat lancar, DAYA PERTIWI telah berhasil membangun hubungan fungsional dengan berbagai mitra yang ingin bekerja sama sepenuhnya dengan proyek dan program. PPUKM di Bali semakin dikenal potensinya sebagai entry point bagi dukungan untuk pengembangan dan pelayanan lebih lanjut di Indonesia Timur. DAYA PERTIWI ingin menggunakan jaringan luas di Jawa Timur dan Bali untuk lebih lanjut mengembangkan program di bagian timur Indonesia.

Yang menarik di Jawa Timur dan Bali dalam evolusi komponen dari program adalah kelancaran pengembangan usaha² dan organisasi. Asosiasi pengusaha dan koperasi pengusaha yang telah dibentuk dapat berkembang selanjutnya tanpa ketergantungan lagi kepada DAYA PERTIWI. Mereka mencoba untuk menggabungkan manajemen secara berhati-hati dengan pertumbuhan yang stabil dan terbukti telah menjadi lembaga yang baik untuk mewujudkan kerjasama antara kecil dan pengusaha menengah. Diharapkan bahwa organisasi ini akan memainkan peran penting dalam program masa depan dipromosikan oleh DAYA PERTIWI.

Terkait dengan titik sebelumnya dan mempertimbangkan potensi dari pengusaha di Bali, Jawa Timur dan Indonesia timur, DAYA PERTIWI bermaksud untuk mempromosikan, melalui organisasi pengusaha², penghubungan² atau penjembatanan² dengan organisasi perdagangan alternatif di Eropa dan tempat-tempat lain di dunia.

Kaitan² dalam Program Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (PPUKM)

Dalam membantu usaha kecil dan menengah kewirausahaan masyarakat, DAYA PERTIWI menetapkan biaya yang terjangkau program ini. Untuk awal mempelajari bisnis, tidaklah hal mendidik bilamana ditetapkan “pelayanan gratis”. Biaya ini sudah termasuk biaya layanan lanjutan selama satu tahun pada pasca pelatihan. Untuk lebih meningkatkan kualitas layanannya, DAYA PERTIWI bekerja sama dengan lembaga² internasional, BUMN², sektor perbankan, komunitas bisnis dan lembaga² pemerintah, semua aktor yang terkait dan mendukung tercapainya tujuan program ini secara lebih baik.

Sejak awal, DAYA PERTIWI selalu memposisikan diri sebagai salah-satu pemeran dalam jaring realita kelembagaan yang ada dan tidak memposisikan diri sebagai pemeran tunggal. Hal tersebut adalah untuk menghindari dari duplikasi usaha, selain juga mencoba memainkan peran sebagai fasilitator, peran melengkapi dan bekerjasama. Pengembangan usaha kecil dan menengah adalah sektor yang komplex dan membutuhkan keterlibatan dan kerjasama dengan seluruh stake holders atau lembaga² terkait, karenanya tidaklah mungkin dilaksanakan oleh hanya satu lembaga. Hanya di daerah di mana inisiatif lain (baik pemerintah maupun non-pemerintah) yang kurang, DAYA PERTIWI telah mengambil peran yang lebih aktif.

Manfaat dari Program Pengembangan Usaha Kecil & Menengah

  1. Konsep-konsep kewirausahaan disampaikan melalui tindakan aksi belajar dan lapangan
  2. Peserta akan menyiapkan proposal proyek bisnis yang mewakili rencana bisnis mereka yang sebenarnya, yang diharapkan akan diterapkan setelah menyelesaikan pelatihan mereka
  3. Pelayanan tindak-lanjut  disediakan untuk para alumni (konsultasi, pemantauan, pelatihan teknik produksi, dan fasilitas lainnya).
  4. Layanan informasi bisnis dan kontak dengan lembaga-lembaga lain / perusahaan serta bisnis antar koperasi.
  5. Kontak dengan lembaga keuangan atau instansi terkait lainnya yang menawarkan program-program bantuan yang lebih baik bagi usaha mikro, kecil dan menengah.